Gandeng UHO, Dinas Pangan Buteng Gelar Seminar Pendahuluan Inventarisasi LP2B

INDONESIASATU.CO.ID:

BUTON TENGAH - Dinas Pangan Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Halu Oleo (LPPM UHO) menggelar seminar pendahuluan inventarisasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dan Alih Fungsi Lahan, Rabu (30/05/2018).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten III Sekretariat Pemda Buteng LM Mursal Zubair, turut hadir pula pihak LPPM UHO Djafar Mey sekaligus selaku pemateri dalam seminar, Kepala Dinas Pangan Wa Ode Nurjannah, Kepala Dinas Pertanian Makmur Sangkalibu, Camat Mawasangka Erika Anzarsari, Lurah Watulea Mukhsin, serta beberapa staf dari Dinas Pangan dan Dinas Pertanian Buteng.

Mewakili Bupati Buton Tengah, Asisten III LM Mursal Zubair pada saat membuka kegiatan tersebut sempat memaparkan tujuan diadakannya penelitian inventarisasi LP2B dan Alih fungsi lahan.

"Tujuan pertama yakni menginventarisasi wilayah budidaya pertanian terutama di pedesaan, kedua, menginventarisasi bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi, serta yang ketiga menginventarisasi lahan potensial yang dilindungi pemanfaatannya," paparnya.

"Sasaran yang ingin dicapai melalui penelitian inventarisasi LP2B dan alih fungsi lahan di Kabupaten Buton Tengah ini adalah tersedianya data base berupa dokumen informasi baik berupa naskah, tabular maupun secara spasial," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Wa Ode Nurjanah mengatakan, di tahun 2018 ini pihaknya akan melakukan pemetaan lahan, tetapi hal yang berkaitan dengan pembuatan master plan nanti di tahun 2019 baru dapat dianggarkan, karena hal ini disesuaikan dengan RT/RW Buteng.

"Disini masih banyak lahan tidur yang belum digunakan, namun secara rinci kami belum bisa memberitahukan berapa luasnya, karena kami belum menginventarisasi lahan pertanian yang ada di Buteng," pungkasnya. (Ton)

Index Berita